Manfaat Daun Sukun Kering

 

Manfaat daun sukun sangat besar bagi kesehatan. Baik itu daun sukun yang masih muda maupun yang sudah kering. Keduanya sama-sama bisa dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai berat.

Untuk daun sukun kering sendiri didalamnya mengandung banyak senyawa yang berguna bagi tubuh. Diantara manfaat yang kita peroleh dari daun sukun kering adalah :

Menurunkan resiko penyakit jantung

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit jantung ini, diantaranya adalah komplikasi hipertensi, diabetes, ataupun gagal ginjal. Penyakit jantung juga bisa disebabkan karena metabolisme yang kurang baik.

Sudah sejak dulu orang di Jamaika minum teh daun sukun untuk mengobati penyakit jantung. Karena didalam daun sukun terkandung zat riboflavin, sitosterol dan flavonoid yang dapat menjaga kesehatan jantung dari masalah pada sistem kardiovaskuler.

Menghilangkan alergi

Kegunaan dari daun sukun yang lain adalah menghilangkan alergi. Caranya dengan minum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dipercaya dapat mengurangi timbulnya reaksi alergi.

Pengobatan pembesaran Limpa

Daun sukun yang sudah dikeringkan yang umumnya dibuat menjadi minuman teh, memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Teh daun sukun berkhasiat untuk detoksifikasi serta membuang racun yang ada pada tubuh, hal ini dapat meringankan kerja limpa. Caranya adalah dengan minum 1 cangkir teh daun sukun per hari.

Pengobatan Kandidiasis Vagina

Kandidiasis vagina ini sering dialami oleh wanita obesitas, diabetes serta wanita yang mempunyai kekebalan tubuh rendah. Kondisi infeksi vagina karena ragi candida sp ini,dapat dihilangkan dengan meminum teh daun sukun sebanyak 1 gelas perhari serta menggunakan teh yang dipakai untuk sabun vagina 2-3 kali sehari.

Redakan asam urat

Manfaat daun sukun kering lainnya adalah dapat membantu pasien asam urat mengurangi gejalanya. Daun sukun juga bersifat anti inflamasi yang mengurangi peradangan pada daerah sendi.  Sebaiknya pada saat mengkonsumsi teh daun sukun, hindari makanan yang mengandung purin. Karena akan menimbulkan tingginya asam urat.

Itulah beberapa manfaat dari daun sukun kering. Semoga infonya dapat bermanfaat untuk kita semua.