Cara Memakai Jilbab Segitiga yang Simpel

Perkembangan zaman saat ini ditandai dengan kemajuan dari berbagai sektor yang di masyarakat, salah satunya yakni kemajuan di bidang fashion. Perkembangan fashion di Indonesia semakin melesat. Apalagi indonesia merupakan Negara di dunia yang mayoritas warganya menganut agama islam, sehingga otomatis perkembangan busana muslim di Indonesia juga mengalami perubahan yang pesat dari tahun ke tahun. Jilbab yang awalnya hanya menjadi sebuah kain untuk menutup aurat, kini sudah beralih menjadi bagian dari tren berbusana atau fashion item khususnya bagi kalangan muslimah di indonesia.

Table of Contents

Apa itu jilbab?

Jilbab merupakan simbol pakaian muslimah islam yang digunakan untuk menutupi aurat. Memakai jilbab merupakan bagian dari syariat yang penting untuk dilakukan oleh setiap muslimah. Hijab berasal dari bahasa arab yang berarti pakaian yang dijulurkan dan mampu menutup aurat seluruh badan dari bahu hingga ke kaki dan longgar, sehingga tidak membentuk lekuk tubuh.

Macam Jilbab

Dalam perkembangannya, jilbab sudah melewati sangat banyak perubahan dari tahun ke tahun. Perubahan dari segi bentuk, gaya, bahkan motif pun juga mengalami perubahan dan akan terus menerus berubah. Berikut ini macam-macam jilbab yang sering kita temui dan pakai dalam kegiatan sehari-hari.

Pertama, jilbab segi empat. Jilbab ini terbuat dari kain yang mempunyai panjang yang sama di setiap sisinya. Kain yang dipakai untuk jilbab sangat beragam seperti kain katun, satin, dan lainnya. Jilbab segi empat ini setiap sisinya dirapikan dengan dijahit, dineci, ataupun diobras. Yang kedua yakni jilbab pashmina. Jilbab ini memiliki bentuk dasar persegi panjang. Kain yang digunakan untuk pashmina juga sangat bermacam. Jilbab ini sekarang sedang ramai-ramainya digandrungi oleh anak-anak muda.

Ketiga ialah jilbab instan bergo. Jilbab ini cara pemakaiannya lebih mudah dari pada dua jilbab diatas. Memiliki ciri yang khas, yakni terdapat tambahan spons yang berada tepat di bagian dahi. Adanya kemunculan jilbab ini menjadi sebuah alternatif bagi para muslimah. Para muslimah yang tidak ingin ribet dan merasa terlalu lama jika menggunakan jilbab segi empat maupun pashmina, anda bisa memakai jilbab instan ini. Selain praktis dan sederhana dalam pemakaiannya, jilbab instan ini juga tidak meninggalkan kesan syari dan cenderung tetap menampilkan sisi elegan dan sederhana.

Cara Memakai Jilbab Segitiga Simple

Banyak dari kalangan muslimah tak ingin menggunakan jilbab yang cara pemakaiannya memakan waktu lama sehingga hanya membuang-buang waktu. Saat ini rata-rata muslimah ingin memakai jilbab dengan cara yang praktis atau sederhana namun tetap cantik, elegan, dan tidak meninggalkan kesan syari. Kemajuan teknologi mengantarkan kita menjumpai banyak video-video yang beredar berisi tentang tutorial mengenai cara memakai jilbab segitiga yang simpel.

Pengaplikasian jilbab segitiga ini tergolong sangat mudah dan praktis. Jilbab segitiga ini seringkali dipakai untuk menjalani kegiatan sehari-hari atau formal. Pemakaian jilbab segitiga juga tidak memakan waktu yang banyak sehingga tidak membuang-buang waktu. Berikut ini merupakan contoh-contoh cara memakai jilbab segitiga yang simple.

Model pemakaian jilbab yang pertama yaitu pilihlah dahulu jilbab segiempat yang ingin anda gunakan untuk berjilbab. Setelah sudah memilih mana yang akan digunakan lalu jilbab dilipat menjadi bentuk segitiga. Tak lupa gunakan inner agar posisi jilbab dapat rapi. Kemudian letakkan jilbab di atas kepala sampai membuat kedua sisinya seimbang sama panjang. Kaitkan jilbab dengan jarum pentul atau peniti. Langkah selanjutnya tarik kedua ujung jilbab ke belakang leher secara menyilang. Ikat kedua ujung tersebut menjadi pita.

Model selanjutnya yakni hijab segitiga yang praktis untuk pergi ke kampus atau ke kantor. Yang anda butuhkan cukup inner jilbab, jilbab segitiga, dan peniti. Mula-mula pakai inner terlebih dahulu. Lalu letakkan hijab yang sudah dibentuk menjadi segitiga untuk diletakkan di atas kepala. Samakan panjang kedua ujung jilbab dan sematkan peniti guna menyatukan kedua sisi jilbab. Ambil salah satu ujung jilbab dan tarik ke arah yang berlawanan di dekat bahumu. Ambil ujung yang lain, lalu tarik ujung hijabmu menuju sisi samping kepala dan sematkan jarum pentul di ujung jilbab tersebut.

Kemudian model selanjutnya. Yang anda butuhkan ialah hijab segitiga, inner, peniti, jarum pentul   dan aksesoris berupa bros sebagai tambahan. Seperti biasa, pakailah inner dan disusul dengan memakai jilbab segitiga dengan dua sisi yang sama panjang. Lalu ambil salah satu sisi jilbab anda, sematkan bagian tengah sisi kearah samping kepala dan sematkan jarum pentul untuk mengaitkan jilbab dengan inner dengan baik. Untuk menyatukan sisi hijab yang lain anda bisa menggunakan bros sebagai pemanisnya. Kemudia ambil ujung jilbab yang lain, tarik menuju sisi yang lain hingga batas bahu dan sematkan peniti dari bagian dalam dan rapikan.

Ditengah perkembangan fashion yang pesat dan permintaan masyarakat Indonesia yang cukup tinggi dalam urusan berbusana maka saat ini banyak bermunculan brand-brand lokal. Brand lokal yang jual jilbab murah dan terjangkau. Tidak hanya jilbab saja, namun juga merambah ke pakaian dan aksesoris. Selain brand lokal, muncul juga toko yang menjual khusus pakaian busana muslim beserta aksesorisnya. Benda-benda ini bisa didapatkan dnegan mendatangi outletnya langsung atau dengan cara online. Biasanya mayoritas orang memesan online menggunakan platform yang tersedia di playstore seperti shopee, lazada, tokopedia, dan yang lain-lainnya.