Tidak Perlu Modal Besar, Ini Dia Cara Bisnis Rental Mobil Bagi Pemula

Banyak orang pasti berpikir bahwa ketika ingin membuka bisnis rental mobil, maka bisnis ini akan membutuhkan modal yang sangat besar. Hal ini karena rental mobil pasti membutuhkan banyak mobil yang mana harga satu buahnya mencapai ratusan juta rupiah. Padahal, tidak selamanya bisnis ini butuh modal besar lho. Anda hanya harus pintar memakai strategi pemasaran saja. Penasaran? Yuk, intip cara bisnis rental mobil tanpa harus keluar modal besar di ulasan berikut ini.

Melihat Peluang Bisnis Rental Mobil

Kebutuhan akan moda transportasi tentu menjadi perhatian tersendiri di Indonesia dimana penduduknya yang mencapai ratusan juta jiwa. Selain karena mobilitas penduduknya yang tinggi, kebutuhan akan transportasi juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan antar daerah yang mana Indonesia ini sangat luas dan dipisahkan dengan selat serta lautan. Itulah mengapa, tidak heran jika bisnis transportasi di Indonesia sangat berkembang pesat. Salah satunya adalah bisnis rental mobil.

Bicara mengenai peluang bisnis rental satu ini, berkaca dari besarnya kebutuhan akan transportasi sepertinya membuat bisnis ini tidak akan pernah mati. Boleh dikatakan, semakin hari bisnis ini malah semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Bahkan, bisnis ini pun juga sudah merambah industri transportasi online dimana Anda bisa menyewanya dari mana saja.

Inilah mengapa, peluang bisnis rental mobil sangat besar baik untuk Anda pelaku usahanya maupun untuk orang-orang di sekitar Anda yang bekerja untuk Anda. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membuka usaha ini, antara lain keuntungan yang cukup menggiurkan dan jangkauan pasar yang luas serta beragam.

Meski persaingan pasar cukup ketat, namun kolam untuk Anda menjaring ikan juga sangat terbuka luas. Misalnya saja, selain menjadi pengusaha rental, Anda bisa juga menyewakan kendaraan kepada beberapa mitra perusahaan. Inilah mengapa dikatakan jika bisnis rental mobil cukup mudah dijalankan dari rumah. Namun tentunya, ada juga regulasi-regulasi penyewaan yang harus Anda terapkan agar bisnis Anda berjalan dengan aman dan tanpa resiko kerugian yang besar.

Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

Untuk terjun sebagai pelaku bisnis di bidang rental mobil, Anda yang pemula sepertinya bisa menerapkan beberapa kiat sukses berikut ini, antara lain :

  1. Siapkan Modal

Modal dan bisnis tentu menjadi satu paket yang selalu berjalan beriringan. Namun, Anda tidak perlu modal besar lho untuk menjalankan bisnis ini. Ada beragam cara yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan bisnis ini sebagai salah satu usaha modal kecil, yakni dengan kredit mobil atau menjalin mitra.

Dengan kedua cara ini, Anda tidak perlu menyiapkan modal besar. Cukup keluarkan biaya untuk perawatan dan cicilan per bulan jika menggunakan kredit. Namun jika Anda menggunakan sistem mitra, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk perawatan dan juga cicilan, karena Anda hanya sebagai penghubung antara pemilik unit kendaraan dengan penyewa. Bagaimana? Sudah siap berbisnis satu ini?

  1. Beli atau pilih mobil yang digemari

Jika Anda menjatuhkan pilihan dengan kredit, maka langkah selanjutnya adalah memilih mobil apa yang akan Anda beli. Anda mungkin menyukai mobil-mobil berbadan besar dan gahar, namun karena ini rental mobil, maka sebaiknya Anda memilih mobil yang digemari oleh banyak orang. Sebut saja mobil jenis MPV.

Selain bisa menampung banyak orang, mobil jenis ini juga irit bahan bakar. Biaya perawatannya pun tidak terlalu besar sehingga Anda bisa mendapat banyak keuntungan sekali mengangkut penumpang. Beberapa jenis mobil MPV yang banyak dibeli adalah mobil seperti Avanza, Innova, hingga Grand Max dan Xenia.

  1. Hindari beli mobil bekas

Karena ini bisnis rental yang mana kenyamanan serta kepuasan pelanggan harus dinomorsatukan, maka Anda jangan sampai membeli mobil bekas. Pasalnya, mobil bekas tidak akan terasa nyaman seperti mobil baru. Selain itu, Anda akan menghabiskan biaya perawatan yang mahal meski harga beli mobil bekas sangat murah.

  1. Terapkan Harga Sewa

Setelah memilih mobil, selanjutnya Anda harus menentukan besaran harga sewanya. Tentukan berapa harga yang harus dibayar pelanggan per individu, per rombongan, hingga berapa harga yang harus dibayar jika hanya menyewa mobil saja tanpa sopir. Selain itu, Anda juga harus menetapkan beberapa ketentuan seperti diskon dan sebagainya untuk semakin menjaring minat pelanggan Anda.

  1. Terapkan Regulasi Peminjaman di Rental Anda

Kelima, Anda harus mampu menerapkan berbagai macam peraturan yang mana harus benar-benar ditaati agar persewaan mobil Anda terhindar dari resiko kehilangan, kerusakan, dan sebagainya. Beberapa contoh regulasi yang bisa Anda terapkan adalah meminta data-data pribadi penyewa, surat perjanjian bermaterai antara penyewa dan Anda, pengisian formulir peminjaman, hingga pemasangan alat GPS di mobil.

  1. Daftarkan Mobil ke Dalam Asuransi

Terakhir, Anda bisa mendaftarkan mobil Anda ke dalam asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, apabila terjadi hal seperti kerusakan atau kehilangan, maka bukan Anda penanggungnya melainkan pihak asuransi yang Anda ikuti. Inilah yang dinamakan pengelolaan resiko aset yang mana berguna untuk mempertahankan kelancaran bisnis Anda.

Demikian ulasan mengenai cara bisnis rental mobil yang bisa Anda terapkan untuk pemula. Semoga ulasannya bermanfaat.